Selisik Ribuan Manfaat Layanan Digital

Halaman : 6
Edisi 41/Desember - 2019

KECAKAPAN bermedia di dunia digital yang sesuai dengan etika serta dapat dipertanggungjawabkan perlu dimiliki setiap individu, minimal mampu menganalisa dan menyaring konten-konten yang dikonsumsi agar tidak turut andil dalam menyebarkan konten negatif kepada masyarakat.

Kemampuan dasar literasi digital itu menjadi strategi penting dalam mewujudkan internet sehat dan mendorong tumbuhnya konten-konten kreatif serta mampu menginspirasi siapapun yang mengonsumsinya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berupaya memberikan layanan digital yang memuat konten-konten positif bagi publik. Hingga saat ini telah ada sekitar 300 layanan digital yang diproduksi oleh Kemendikbud baik online maupun offline untuk memberikan pelayanan prima kepada para pemangku kepentingan di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Beribu manfaat tentang informasi dan teknologi di bidang pendidikan dan kebudayaan bisa didapatkan oleh masyarakat melalui kanal-kanal di laman http://kemdikbud.go.id sesuai dengan kategorinya, mulai dari siswa, guru, orangtua, sekolah, pemerintah daerah, masyarakat dan mitra serta budaya dan bahasa.

Saat ini Kemendikbud mempunyai tiga program prioritas dalam mewujudkan Nawacita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang meliputi Program Indonesia Pintar (PIP), Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), dan Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Berbagai informasi mengenai PIP dapat diakses melalui laman dengan alamat http:// indonesiapintar.kemdikbud.go.id sedangkan informasi mengenai PPK dapat diselisik melalui laman http://cerdasberkarakter.kemdikbud.

go.id. Fitur ‘Berbagi Praktik Baik’ di laman PPK tersebut dapat dimanfaatkan untuk menularkan virus kebaikan dan menjadi inspirasi bagi siapapun.

Dalam hal Revitalisasi SMK, Kemendikbud sangat serius dalam memberikan pelayanan yang dapat diakses oleh para pemangku kepentingan melalui laman http://psmk.kemdikbud.go.id. Jika berselancar di laman tersebut, kita akan menemukan laman SiLaras (Sistem Layanan Penyelarasan Kejuruan) yang melayani dunia usaha dan dunia industri dalam melakukan penyelarasan dan kerjasama dengan SMK berupa pemagangan, penggunaan lulusan, pemberian masukan atas kurikulum, pemanfaatan dana tanggung jawab sosial perusahaan bagi SMK hingga pembukaan kelas industri.

Terdapat juga tautan Bursa Kerja Khusus yang memberikan pelayanan serta informasi tentang lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran hingga penempatan tenaga kerja dan layanan-layanan digital lainnya yang menunjang Revitalisasi SMK. (*)

Infografis :

Pentingnya Literasi Digital.

  1. Berpikir kritis, kreatif, dan inovatif
  2. Lebih mampu memecahkan masalah
  3. Berkomunikasi lebih lancer
  4. Lebih mampu berkolaborasi dengan banyak orang