Belajar Bersama Maestro, Ajang Eksplorasi Seni Kuatkan Karakter Bangsa

Halaman : 26
Edisi 41/Desember - 2019

Program Belajar Bersama Maestro (BBM) 2018 kembali diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kegiatan rutin tahunan kali ini mengusung tema “Maestro Seni Sebagai Penguat Karakter Bangsa” yang bertujuan untuk menguatkan karakter bangsa pada generasi muda saat ini yang berada di bangku sekolah.

“Program BBM ini nantinya akan memperkuat pada dimensi karakter olah rasa, memperkuat dimensi estetik pelajar untuk melahirkan individu yang memiliki integritas moral, rasa berkesenian, dan berkebudayaan,” demikian disampaikan oleh Direktur Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Restu Gunawan, beberapa waktu lalu.

Senada hal itu, maestro seni Djaduk Ferianto mengungkapkan, ilmu itu tidak hanya bisa didapatkan melalui teks atau buku saja tetapi bisa juga melalui lingkungan sekitarnya. Melalui BBM 2018, kata dia, para peserta akan mendapatkan kesempatan yang luar biasa yang tidak semua orang mendapatkannya.

“Membangun karakternya tidak diseragamkan tetapi menemukan dirinya sendiri dalam proses belajar dengan teman-teman atau orang yang sudah mempunyai pengalaman. Saya menyambut baik program ini (Belajar Bersama Maestro,-) karena memang anak-anak diberi kesempatan untuk belajar dengan orang-orang yang memang tahu pada bidangnya,” ujar maestro kelahiran Yogyakarta itu.

Selain melihat langsung proses kesenian yang setiap hari dilakukan oleh para maestro seni budaya, para peserta didik yang lolos seleksi BBM 2018 juga akan diajak untuk mengeksplorasi dan berinteraksi langsung dengan para maestro di bidangnya masingmasing. Para peserta BBM 2018 dapat menambah wawasannya di bidang seni dan budaya serta dapat memahami berbagai elemen dasar dalam proses kerja kreatif mulai dari awal hingga akhir seorang maestro menciptakan suatu karya.

Tak hanya itu, para peserta BBM 2018 juga dapat menyerap dan menikmati kearifan lokal dari masing-masing daerah tempat tinggal maestro tersebut. Para peserta BBM 2018 akan ditempatkan di lokasi setiap maestro yang terbagi di delapan kota meliputi Medan, Lampung, Jakarta, Indramayu, Majalengka, Yogyakarta, Surakarta, dan Bali. Mereka akan tinggal bersama maestro selama 14 hari dengan 12 hari efektif pembelajaran.

Program BBM juga merupakan salah satu bentuk apresiasi pemerintah bagi pencapaian dan dedikasi para maestro di bidangnya masing-masing. Tahun ini terdapat 20 maestro seni budaya yang aktif dan mumpuni di bidangnya yang akan menjadi mentor para peserta BBM 2018. Mereka adalah maestro-maestro di lima bidang seni budaya yang meliputi seni rupa, seni musik, seni tari, seni media, dan seni teater.

Program BBM 2018 ini membuka kesempatan bagi peserta didik kelas X dan XI jenjang SMA/SMK/sederajat baik negeri maupun swasta di 34 provinsi di Indonesia untuk mengasah serta meningkakan bakat seni budayanya. Para calon peserta harus sehat jasmani dan rohani serta memiliki dasar pengetahuan di bidang seni dan belum pernah mengikuti kegiatan BBM sebelumnya. Mereka yang ingin lolos Program BBM 2018 ini juga harus mampu menuangkan gagasan daam bentuk tulisan atau video dan aktif di media sosial seperti Instagram, facebook, dan twitter.

Peserta didik yang memenuhi kriteria tersebut dapat melakukan registrasi di laman dengan alamat bbm.kemdikbud. go.id, kemudian mengisi formulir riwayat hidup dan memilih satu maestro sesuai dengan bidang keahliannya. Selain itu, calon peserta perlu menggugah dokumen seperti surat keterangan sehat, surat izin orang tua, surat keterangan yang menyatakan bahawa peserta didik adalah siswa aktif kelas X/XI dari sekolah, sertifikat/piagam penghargaan, dan video promosi diri berdurasi 2 menit yang berisi tujuan serta motivasi mengikuti kegiatan BBM yang telah diunggah di YouTube. Calon peserta juga harus membuat tulisan sebanyak tiga ratus kata dengan tema “Hubungan Seni dan Penguatan Karakter”.

Seleksi calon peserta BBM 2018 dilakukan melalui dua tahap. Pertama, seleksi administrasi oleh tim Kemendikbud. Selanjutnya, seleksi kompetensi yang dilaksanakan oleh tim narasumber setelah peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi. Setiap maestro nantinya akan mengajar 15 peserta didik yang lolos dalam seleksi BBM 2018.

Program BBM 2018 diharapkan para peserta dapat menyerap pengetahuan dan keterampilan teknik artistik serta menyerap nilai-nilai kejujuran, integritas, dan kebersamaan untuk memperkuat karakter. Melalui kegiatan ini juga diharapkan peserta didik mampu mengambil inspirasi, mempunyai integritas dan mentalitas dalam beradaptasi dengan lingkungan baru, dan mampu mengaktualisasikan pengalaman berharga tinggal bersama maestro kepada orang lain melalui berkesenian. (RWT/ABG)

PERSYARATAN PESERTA BBM

  1. Mengisi Formulir Peserta
  2. Surat persetujuan Orang tua
  3. Mencamtumkan Nomor Induk Siswa
  4. Foto Diri
  5. Surat Keterangan sehat/Dokter & Surat Keterangan Aktif Sekolah
  6. Membuat Tulisan Max 300 kata dengan Tema “Hubungan Seni dan pengutan Karakter”
  7. Membuat Video Promosi diri dalam durasi 2menit (Motivasi Mengikuti Kegiatan Belajar Bersama Maestro
  8. Melampirkan sertifikat atau Piagam Penghargaan yang Diterima

Maestro-maestro yang Membimbing Peserta BBM 2018:

Bidang Seni Rupa:

  1. Nasirun
  2. Hanafi
  3. Joko Pekik
  4. Putu sutawijaya

Bidang Seni Tari:

  1. Miroto
  2. Ni NYoman Tjandri
  3. Didik Nini Towok
  4. Ni Ketut Arini
  5. Wangi Indriya

Bidang Seni Pertunjukan:

  1. I Made Sidia
  2. Manteb Soedharsono
  3. Didon WS
  4. Iswadi Pratama

Bidang Seni Musik:

  1. Irwansyah Harahap
  2. Ayu Laksmi
  3. Djaduk Ferianto
  4. Gilang Ramadhan

Bidang Seni Media:

  1. Angki Purbandono
  2. Arief Yudhi
  3. Fendi Siregar