Deskripsi Fisik
Judul : Bermain Matematika yang Menyenangkan dengan Anak di Rumah
Tahun Terbit : 2020
Penulis : Muhammad Hasbi dan Eko Tri Rahmawati
Halaman : iv, 19 hlm.
Bahasa : Indonesia
Cover : Soft Cover
Pembelajaran jarak jauh saat ini menjadi satu-satunya pilihan bagi dunia pendidikan di tengah pandemi Covid-19. Pun untuk anak-anak di jenjang pendidikan usia dini, kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah sesuai Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang aturan belajar dari rumah bagi anak sekolah dan guru di satuan PAUD.
Kegiatan belajar dan mengajar dilakukan secara dalam jaringan (daring) dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Namun, pada kenyataannya masih banyak orang tua maupun satuan pendidikan PAUD yang mengalami kendala dalam proses pembelajaran berada di rumah. Mulai dari karena jaringan internet yang belum merata hingga ketidakmampuan orang tua dalam mendampingi putra putrinya di rumah.
Guna mendukung orang tua dan guru menyampaikan materi pembelajaran untuk siswa yang berada di satuan PAUD, Direktorat PAUD, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan sebuah buku saku yang berjudul Bermain Matematika yang Menyenangkan dengan Anak di Rumah. Buku ini sedianyan dapat dijadikan pegangan dalam mempelajari matematika yang menyenangkan bagi peserta didik.
Pembahasan materi dalam buku yang ditulis oleh Muhammad Hasbi dan Eko Tri Rahmawati tersebut lengkap membahas mengenai pengertian bermain matematika, mengapa anak perlu mengenal matematika, hingga tips bermain matematika yang menyenangkan di rumah.
Buku saku ini juga sangat cocok dibaca oleh orang tua peserta didik agar terjadi kolaborasi dalam proses pembelajaran jarak jauh di rumah. Buku bermain matematika ini menggunakan ilustrasi – ilustrasi yang menarik sehingga mudah dimengerti, dan terdapat contoh kegiatan yang dapat dilakukan bersama anak di rumah dengan memanfaatkan benda yang ada di sekitar.
Dengan konsep bermain, peserta didik diharapkan menjadi lebih mudah memahami matematika dan tetap merasa senang. Polanya, mereka diajak bermain dengan benda yang ada di rumah sembari dijelaskan konsep-konsep matematika. Keberhasilan dalam memahami matematika oleh peserta didik memerlukan kerja sama dan kolaborasi yang baik antara guru dan orang tua. Sehingga meskipun dilakukan secara jarak jauh, kegiatan belajar sambil bermain dapat meningkatkan pemahaman dan menambah keterikatan hubungan orang tua dengan anak.
Informasi selengkapnya, buku dapat diunduh pada tautan http://repositori.kemdikbud.go.id/18963/. (RWT)