Pentingnya Sekolah Kembangkan Segitiga Kecerdasan Siswa

Halaman : 24
Edisi 46/Agustus 2020

Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sistem pendidikan di Indonesia pun ikut berkembang. Hal ini bertujuan untuk pengembangan potensi siswa demi mencapai kehidupan sejahtera baik secara fisik, mental dan spritual. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat berbagai masalah terutama di sekolah.

Oleh karena itu, hal ini mendorong Haidar Bagir untuk menulis buku yang berjudul “Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia”. Haidar menulis buku ini karena resah melihat kekurangan pada sistem pendidikan yang dikembangkan di negeri ini. Ia beranggapan bahwa pendidikan memiliki nilai strategis dalam memecahkan permasalahan di Indonesia.

Buku ini merupakan kumpulan tulisan penulis mengenai berbagai tanggapannya tentang perkembangan sistem pendidikan. Di dalam buku ini, penulis lebih menitikberatkan pada penyelenggaraan sekolah yang tidak hanya guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran tetapi justru sekolah itu sendiri secara keseluruhan yang menjadi fasilitator.

Buku ini terdiri dari tiga bagian yaitu bagian satu membahas tentang falsafah pendidikan, bagian dua konsep dan metode pendidikan dan bagian terakhir membahas falsafah pendidikan islam. Buku ini mengupas kegiatan pendidikan yang bertujuan untuk mengaktualisasi potensi manusia sehingga benar-benar menjadi manusia sejati. Setiap upaya dan proses pendidikan seharusnya mampu melihat aspek potensi kemanusiaan. Kemampuan personal eksitensial yang sedikit banyak bersifat spiritual dan kemampuan sosial dapat menentukan kebahagiaan seseorang juga dalam penguasaan kemampuankemampuan teknis yang akan menentukan kesuksesan seseorang.

Buku ini juga tidak hanya membahas mengenai pentingnya akamedik tetapi juga mengenai kecerdasan emosional siswa, karena hal ini menentukan potensi siswa dalam belajar keterampilan praktis yang dapat diaplikasikan dalam dunia kerja nantinya.

Buku ini sangat cocok dibaca oleh guru, orang tua, dan pengambil kebijakan pendidikan guna menentukan model pembelajaran yang paling cocok diterapkan di sekolah agar siswa tidak hanya pandai secara akademik tetapi juga memiliki kecerdasan spiritual serta emosional yang terasah sehingga dapat menjadi modal mereka mendapatkan kesuksesan di dunia kerja.

Jika ingin mengetahui informasi selengkapnya dari koleksi ini, kunjungi alamat berikut Perpustakaan Kemendikbud. Pembaca juga datang langsung ke Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (RWT)